1. A.Pengertian
Kutipan
Kutipan
adalah suatu kata yang mungkin semua orang belum tahu apa maksudnya. Kutipan
juga merupakan suatu gagasan, ide, pendapat yang diambil dari berbagai sumber.
Proses pengambilan gagasan itu disebut mengutip. Gagasan itu bisa diambil dari
kamus, ensiklopedi, artikel, laporan, buku, majalah, internet, dan lain
sebagainya.
B. mamfaat
kutipan
1.
Menunjukkan kualitas ilmih yang lebih
tinggi.
2.
Menunjukkan kecermatan yang lebih akurat.
3.
Memudahkan penilaian penggunaan sumber
dana.
4.
Memudahkan pembedaan data pustaka dan
ketergantungan tambahan.
5.
Mencegah pengulangan penulisan data
pustaka.
6.
Meningkatkan estetika penulisan.
7.
Memudahkan peninjauan kembali penggunaan
referensi, dan memudahkan penyuntingan naskah yang terkait dengan data
pustaka.
C. cara
penulisan kutip
Tata Cara & Aturan Penulisan Kutipan langsung
tidak lebih dari empat baris
Kutipan ini akan dimasukkan dalam teks dengan cara berikut:
(1) kutipan diintegrasikan dengan teks;
(2) jarak antara baris dengan baris dua spasi;
(3) kutipan diapit dengan tanda kutip;
Kutipan ini akan dimasukkan dalam teks dengan cara berikut:
(1) kutipan diintegrasikan dengan teks;
(2) jarak antara baris dengan baris dua spasi;
(3) kutipan diapit dengan tanda kutip;
(4) sesudah kutipan
selesai diberi nomor urut penunjukkan setengah spasi ke atas atau dalam kurung
ditempatkan nama pengarang, tahun terbit, dan nomor halaman tempat terdapat
kutipan itu.
Contoh:
Supaya tulisan kita
mudah dipahami orang lain, maka kita hendaknya membuat kalimat yang efektif.
Yang dimaksud dengan kalimat efektif itu yang bagaimana? “Kalimat efektif
adalah kalimat yang dengan sadar atau sengaja disusun untuk mencapai daya
informasi yang tepat dan baik” (Parera,1988:42). Dengan demikian…..
B. Tata Cara & Aturan Penulisan Kutipan langsung lebih dari empat baris
Kutipan yang lebih dari empat baris ketentuan penulisannya sebagai berikut:
(1) kutipan dipisahkan dari teks dalam jarak 2,5 spasi;
(2) jarak antara baris dengan baris kutipan satu spasi;
(3) kutipan boleh atau tidak diapit dengan tanda kutip;
(4) sesudah kutipan
selesai diberi nomor urut penunjukan setengah spasi ke atas, atau dalam kurung
ditempatkan nama pengarang, tahun terbit, dan nomor halaman tempat terdapat
kutipan itu;
(5) seluruh kutipan dimasukkan ke dalam 5 – 7 ketikan.
Contoh:
.......................................................................
Contoh:
.......................................................................
“Anda tidak bisa
menang dalam sebuah debat. Anda tidak bisa, karena kalau Anda kalah, Anda akan
kalah; dan kalau Anda menang, Anda kalah juga. Mengapa? Nah, misalkan Anda
menang atas pihak lawan dan mampu menembak argumennya sehingga penuh lubang,
lalu membuktikan bahwa dia noncomposmentis. Lalu bagaimana? Ya, Anda akan
merasa senang. Tapi bagaimana dengan dia? Anda telah membuatnya merasa rendah
diri” (Carnegie; 1996:181).
..........................................................................
C. Tata Cara & Aturan Penulisan Kutipan tidak langsung
C. Tata Cara & Aturan Penulisan Kutipan tidak langsung
Kutipan tidak langsung
berupa intisari pendapat yang dikemukakan. Oleh sebab itu, kutipan ini tidak
diberi tanda kutip. Syarat penulisan kutipan tidak langsung adalah:
(1) kutipan diintegrasikan dengan teks;
(2) jarak antarbaris dua spasi;
(3) kutipan tidak diapit tanda kutip;
(2) jarak antarbaris dua spasi;
(3) kutipan tidak diapit tanda kutip;
(4) sesudah kutipan
selesai diberi nomor urut penunjukan setengah spasi ke atas, atau dalam kurung
ditempatkan nama pengarang, tahun terbit, nomor halaman tempat terdapat kutipan
itu.
D. contoh penulisan kutip
Contoh:
Menurut Gorys Keraf,
kalimat yang baik adalah yang menunjukkan kesatuan gagasan, atau hanya
mengandung satu ide pokok. Bila ada dua kesatuan yang tidak mempunyai hubungan
digabungkan, maka akan merusak kesatuan pikiran (1994 :36).
2. A. Pengertian
abstrak
Abstraksi adalah suatu proses dimana konsep-konsep yang lebih
tinggi berasal dari penggunaan dan klasifikasi literal ("nyata" atau
"konkrit") konsep, prinsip pertama, atau metode lainnya. Sebuah
"abstraksi" (kata benda) adalah sebuah konsep yang bertindak sebagai
kata benda super kategoris untuk semua konsep bawahan, dan menghubungkan
konsep-konsep terkait sebagai kelompok, lapangan, atau kategori.
Abstraksi dapat dibentuk dengan mengurangi isi informasi dari sebuah konsep atau fenomena yang dapat diamati, biasanya untuk menyimpan informasi hanya yang relevan untuk tujuan tertentu. Misalnya, abstrak bola sepak kulit dengan ide yang lebih umum untuk mempertahankan beberapa informasi pada atribut umum dan perilaku, menghilangkan karakteristik lain dari bahwa pemikiran tertentu.
Abstraksi dalam filsafat adalah proses (atau, bagi sebagian orang, proses dugaan) dalam konsep-pembentukan mengenali beberapa set fitur-fitur umum pada individu, dan pada dasar membentuk konsep fitur itu. Gagasan abstraksi penting untuk memahami beberapa kontroversi filosofis sekitarnya empirisme dan masalah universal. Hal ini juga baru-baru ini menjadi populer dalam logika formal di bawah abstraksi predikat. Alat lain untuk diskusi filosofis abstraksi diperkirakan ruang.
Abstraksi dapat dibentuk dengan mengurangi isi informasi dari sebuah konsep atau fenomena yang dapat diamati, biasanya untuk menyimpan informasi hanya yang relevan untuk tujuan tertentu. Misalnya, abstrak bola sepak kulit dengan ide yang lebih umum untuk mempertahankan beberapa informasi pada atribut umum dan perilaku, menghilangkan karakteristik lain dari bahwa pemikiran tertentu.
Abstraksi dalam filsafat adalah proses (atau, bagi sebagian orang, proses dugaan) dalam konsep-pembentukan mengenali beberapa set fitur-fitur umum pada individu, dan pada dasar membentuk konsep fitur itu. Gagasan abstraksi penting untuk memahami beberapa kontroversi filosofis sekitarnya empirisme dan masalah universal. Hal ini juga baru-baru ini menjadi populer dalam logika formal di bawah abstraksi predikat. Alat lain untuk diskusi filosofis abstraksi diperkirakan ruang.
B. manfaat abstrak
1.
Menghemat waktu dalam menelusur informasi
2.
Abstrak digunakan untuk penelusuran surut
3.
Sebagai alat yang tepat untuk menseleksi buku/publikasi
daripada
melalui judul atau anotasinya
4.
Abstrak akan memudahkan dan mempercepat pengindeksan
5.
5. Membantu
dalam membuat review (tinjauan) dan
Bibliografi
6.
Sebagai petunjuk adanya
literatur primer
7.
Dapat mengetahui isi
dokumen dengan cepat dan tepat,sehingga
tidak perlu mebaca dokumen aslinya
C.
cara membuat abstrak
Bagaimanakah cara
membuat abstrak yang baik dan benar? bagaimana cara penulisannya? Hal-hal apa
saja yang harus ada ketika kita membuat sebuah abstrak untuk sebuah penelitian.
Berikut adalah beberapa petunjuk bagaimana sebuah abstrak itu dibuat.
ABSTRAK ARTIKEL ILMIAH
Tulis:
·
Nama penulis artikel
·
Judul artikel
·
Judul, no. Majalah, bulan dan tahun terbit, jumlah
halaman
·
Isi abstrak
·
Nama pengabstrak
ABSTRAK LAPORAN
PENELITIAN/SKRIPSI/TESIS/DISERTASI
Tulis:
·
Nama penulis
·
Judul
·
Tahun dan jumlah halaman
·
Isi abstrak memuat pokok permasalahan, tujuan dan
metode penelitian, hasil penelitian, simpulan
·
Nama pengabstrak
ABSTRAK PERATURAN
Tulis:
·
Judul, nomor dan tahun peraturan
·
Isi peraturan memuat landasan filosofis dikeluarkannya
peraturan, dasar hukum, isi peraturan
·
Catatan
·
Nama pengabstrak
TEKNIK PENULISAN
·
Jarak ketik 1 spasi
·
Maksimal 250 kata
·
Gunakan kalimat aktif
·
Buang kalimat yang sifatnya memberikan keterangan
pelengkap
D.
contoh abstrak
Penelitian ini berjudul "Peran Komunikasi
Antar Pribadi Orang Tua Terhadap Anak Dalam Membentuk Perilaku Positif di
Kelurahan Karang Berombak Kecamatan Medan Barat". Metode yang digunakan
dalam penelitian ini adalah studi kasus yaitu memusatkan diri secara intensif
terhadap suatu objek tertentu dengan mempelajari sebagai suatu kasus.
Penelitian ini menggunakan metode analisis kualitatif yang merupakan pengukuran
dengan menggunakan data nominal yang menyangkut klasifikasi atau kategorisasi
sejumlah variabel ke dalam sub kelas nominal.
Melalui pendekatan kualitatif, data yang diperoleh dari lapangan diambil kesimpulan yang bersifat khusus kepada yang bersifat umum. Subjek penelitian adalah orang tua dan anaknya yang berusia sekitar 6012 tahun di Kelurahan Karang Berombak Kecamatan Medan Barat.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa komunikasi antara orang tua dan anaknya di Kelurahan Karang Berombak sangat berperan dalam hal membentuk perilaku positif sejak dini kepada sang anak. Komunikasi yang senantiasa dilakukan orang tua baik itu verbal dan nonverbal dapat membuat anak untuk berperilaku positif terutama perilaku mandiri, percaya diri, dan keterbukaan.
Kemandirian ini ditandai dengan mampunya anak untuk mengerjakan sesuatu hal sendiri yang berhubungan dengan kegiatannya sehari-hari. Percaya diri sudah dapat ditunjukkan dengan perilaku sang anak yang mampu berbaur dengan lingkungannya secara baik, dan keterbukaan yang paling menonjol ditandai dengan perilaku anak yang gemar bercerita tentang kegiatannya dan apa yang dialaminya seharian kepada orang tuanya.
Orang tua menggunakan cara mereka masing-masing untuk mendidik dan mengasuh anak mereka. Untuk dapat menanamkan perilaku positif pada diri sang anak dibutuhkan komunikasi antar pribadi yang efektif dan berlangsung dua arah artinya anak menegeti apa yang diinginkan oleh orang tua dan sebaliknya orang tua berusaha untuk memahami anak mereka agar terjalin komunikasi yang baik dan sesuai dengan yang diharapkan
Melalui pendekatan kualitatif, data yang diperoleh dari lapangan diambil kesimpulan yang bersifat khusus kepada yang bersifat umum. Subjek penelitian adalah orang tua dan anaknya yang berusia sekitar 6012 tahun di Kelurahan Karang Berombak Kecamatan Medan Barat.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa komunikasi antara orang tua dan anaknya di Kelurahan Karang Berombak sangat berperan dalam hal membentuk perilaku positif sejak dini kepada sang anak. Komunikasi yang senantiasa dilakukan orang tua baik itu verbal dan nonverbal dapat membuat anak untuk berperilaku positif terutama perilaku mandiri, percaya diri, dan keterbukaan.
Kemandirian ini ditandai dengan mampunya anak untuk mengerjakan sesuatu hal sendiri yang berhubungan dengan kegiatannya sehari-hari. Percaya diri sudah dapat ditunjukkan dengan perilaku sang anak yang mampu berbaur dengan lingkungannya secara baik, dan keterbukaan yang paling menonjol ditandai dengan perilaku anak yang gemar bercerita tentang kegiatannya dan apa yang dialaminya seharian kepada orang tuanya.
Orang tua menggunakan cara mereka masing-masing untuk mendidik dan mengasuh anak mereka. Untuk dapat menanamkan perilaku positif pada diri sang anak dibutuhkan komunikasi antar pribadi yang efektif dan berlangsung dua arah artinya anak menegeti apa yang diinginkan oleh orang tua dan sebaliknya orang tua berusaha untuk memahami anak mereka agar terjalin komunikasi yang baik dan sesuai dengan yang diharapkan
3.
A. Pengertian Daftar pustaka
Daftar pustaka adalah semacam rujukan
seorang penulis dalam menyusun karyanya. Daftar pustaka dapat kita temukan di
makalah, laporan penelitian, skripsi maupun essay. Daftar pustaka penting
perananya dalam sebuah karya tulis. Sebuah karya tulis besar yang tidak
memiliki daftar pustaka bisa saja diragukan kebenarannya.
B. Manfaat
daftar pustaka
fungsi Daftar
Pustaka salah satunya untuk
memberikan referensi bagi pembaca buku tersebut untuk melakukan kajian ulang
atau lanjutan sehubungan dengan tema buku. Juga sebagai bentuk penghargaan atau
apresiasi terhadap penulis buku dalam Daftar Pustaka atas karyanya yang sudah
mempunyai peranan dalam penulisan buku atau karya tulis.
C. cara menulis daftar pustaka
Penulisan daftar pustaka yang lebih dari satu/dua orang penulis
dalam buku yang sama. Pertama tulis nama belakang dari penulis yang
pertama setelah nama belakang beri (tanda koma) lalu tulis nama depan jika nama
depan berupa singkatan tulis saja singkatan itu setelah nama pertama selesai
beri (tanda titik) lalu beri (tanda koma) untuk nama kedua / ketiga ditulis
sama seperti nama sali alis tidak ada perubahan, yang berubah penulisannya
hanya orang pertama sedangkan orang kedua dan ketiga tetap. Setelah penulisan
nama kedua selesai, nah jika tiga penulis gunakan tanda dan (&) pada nama
terakhir begitupula jika penulisnya hanya dua orang saja, setelah penulisan
nama selesai, Kedua; tahun pembuatan atau cetakan buku tersebut dengan diawali
[tanda kurung buka dan kurung tutup/ ( )] setelah itu beri (tanda titik).
Ketiga; judul buku atau karangan setelah itu beri (tanda koma) dan ditulis
dengan huruf miring ok. keempat; yaitu penulisan tempat penerbitan/cetakan
setelah itu beri (tanda titik dua : ) dan terakhir kelima; nama perusahaan
penerbit buku atau tulisan tersebut dan diakhiri (tanda titik) ok. Untuk
gelar akademik tidak ditulis dalam penulisan daftar pustaka. Nah ini contohnya
Seperti dibawah ini:
- Suteja, B.R., Sarapung, J.A, & Handaya,
W.B.T. (2008). Memasuki Dunia E-Learning,
Bandung: Penerbit Informatika.
- Whitten, J.L.,Bentley, L.D., Dittman, K.C.
(2004). Systems Analysis and Design Methods.
Indianapolis: McGraw-Hill Education.
Perlu diingat juga untuk penulisan daftar
pustaka yang banyak harus berurutan penulisannya. Nama dari sumber yang diambil
sebagai daftar putaka ditulis berdasarkan urutan Abjad dari nama masing-masing tersebut, dimulai
dengan Abjad A-Z itulah urutan penulisan
daftar pustaka yang baik yaitu sesuai dengan urutan nama-namanya.
D. contoh
penulisan daftar pustaka
[CT]
1Dali S. Naga, Pengantar Teori Sekor pada Pengukuran Pendidikan (Jakarta: Besbats, 1992), h.306.
1Dali S. Naga, Pengantar Teori Sekor pada Pengukuran Pendidikan (Jakarta: Besbats, 1992), h.306.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar